cover

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Published past Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Banjarbaru

ISSN : 20893787     EISSN : 26850893     DOI : -

Core Subject area : Science,

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Jurnal Ilmiah bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara periodik tiga nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Redaksi Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi menerima sumbangan tulisan hasil penelitian atau atau artikel konseptual bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Arjuna Discipline : -

Articles 22 Documents

Search results for , issue "JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020" : 22 Documents clear

MODEL SISTEM INFORMASI PENYEWAAN COTTAGE PADA WISATA PANTAI GEDAMBAAN KOTABARU

;

Mustaqim, Arif
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. ix, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.567

Abstrak. Pantai Gedambaan dulu dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung berjarak sekitar 14 km dari pusat Kotabaru. Pantai ini terletak di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai sepanjang one km ini juga menyediakan fasilitas diantaranya rumah/warung makan, cottage, tempat parkir, kolam renang air tawar, playground sebagai tempat bermain anak, serta camping ground. Tak hanya ramai pada saat liburan tiba, Pantai Gedambaan ini juga banyak dikunjungi pada hari-hari biasa. Hasil wawancara dengan pengelola cottage di Pantai Gedambaan didapat informasi mengenai masalah yang dihadapi yaitu untuk sistem penyewaan masih manual dan pengarsipan yang kurang baik menyebabkan banyak arsip dokumen yang hilang ataupun rusak, durasi penyewaan cottage yang kadang terlewat dari waktu yang sudah dijanjikan dan kurangnya informasi visualisasi dan fasilitas cottage. Sehingga diperlukan sistem yang dapat memecahkan permasalahan. Hasil penelitian yang didapat ialah berhasil membuat model sistem informasi penyewaan cottage pada wisata pantai Gedambaan Kotabaru. Dengan adanya sistem informasi ini, sistem pengarsipan lebih baik dan data tersimpan dalam bentuk digital, terdapat sistem pengingat durasi penyewaan cottage dan visualisasi informasi mengenai cottage. Kata Kunci: sistem informasi, penyewaan, cottage, website, Kotabaru Abstract. Gedambaan Beach, formerly known as Sarang Tiung Beach, is nearly 14 km from the center of Kotabaru. This beach is located in Gedambaan Village, Pulau Laut Utara Commune, Kotabaru Regency, South Kalimantan. This 1 km long beach also provides facilities including houses / nutrient stalls, cottages, parking lots, fresh water swimming pools, playgrounds equally children's playgrounds, and camping. Not simply crowded when the holidays arrive, Gedambaan Embankment is likewise widely visited on weekdays. The results of interviews with cottage managers in Pantai Gedambaan obtained information nigh the issues faced, namely the rental system is still transmission and poor filing causes many document athenaeum to be lost or damaged, the duration of cottage rental is sometimes missed from the promised time and lack of visualization data and cottage facilities. So nosotros demand a system that tin solve the problem. The result of this research is the success in making a model of cottage rental information system on Gedambaan beach tourism, Kotabaru. With this data system, the filing system is meliorate and the data is stored in digital form, at that place is a system to remind the duration of cottage rentals and to visualize information about cottages. Keywords: information system, rental, cottage, website, Kotabaru

SISTEM INFORMASI E-SUPPLY Chain Direction BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA OKA JAMUR BALI Putu Sanjaya, Anak Agung

;

Eka Putra, I Gede Juliana

;

Estiyanti, Ni Fabricated
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.549

Abstrak.  Budidaya jamur merupakan usaha yang sedang dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Badung memiliki prospek yang besar dan permintaan pasar yang tinggi, akan tetapi permasalahan yang dihadapi berupa seringnya pengepul mendapat permintaan pasar yang melebihi kapasitas dari pasokan jamur tiram yang dia miliki dan kurangnya informasi yang didapat pengepul tentang stok jamur dari petani dimana pengepul harus menvari pasokan jamur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penulis akan membahas mengenai sistem informasi E-Supply Chain Management melirik permasalahan diatas. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembuatan sistem informasi ini dibuat dengan bahasa pemograman PHP, javascript dan basis data menggunakan MySQL. Dari hasil kuisioner yang dilakukan dengan petani, pengepul dan pemasok, sistem informasi ini mendapatkan respon yang positif dimana responden menyatakan sistem ini sangat membantu. Kata kunci : Sistem Informasi, E-Supply Chain, Jamur Tiram Abstract.  Mushroom cultivation is a concern that is being developed by the people of Badung Regency which has bully prospects and high market place demand, but the trouble faced is the frequent collectors who get market demand that exceeds the capacity of the supply of oyster mushrooms they accept and the lack of information obtained by collectors about the stock mushrooms from farmers where collectors take to vary the supply of mushrooms to meet community needs. The author will discuss nearly the E-Supply Chain Management information system glancing at the above bug. This research was conducted with qualitative and quantitative approaches. Making this information system is made with the PHP programming language, javascript and database using MySQL. From the results of the questionnaire conducted by farmers, collectors and suppliers, this information system received a positive response where respondents said the organisation was very helpful. Keywords: Information Systems, E-Supply Concatenation, Oyster Mushrooms

Perancangan Sistem Pengendalian Internal dan Penerapannya pada Sistem Pembelian dan Sistem Penjualan di UD. Kartini Singaraja Utami, Luh Eka Sri

;

Estiyanti, Ni Made

;

Utami, Nengah Widya
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Bear witness Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.540

ABSTRAK.  Manajemen usaha dagang “UD. Kartini” Singaraja belum memiliki sistem pengendalian Intern pada sistem penjualan dan pembelian yang sedang berjalan, pengelolaan sistem masih dilakukan secara manual, sehingga pemilik usaha tidak dapat mengetahui secara pasti persediaan barang yang masih tersedia dan yang sudah terjual karna book dan jenis barang yang begitu banyak. Pihak manajemen perusahaan juga belum memiliki sistem pelaporan keuangan yang baik karena hanya mengandalkan nota-nota dari pembelian barang dari pihak supplier. Artikel ini menyajikan rancangan sistem pengendalian intern pada sistem pembelian dan penjualan, yang disesuaikan dengan kebutuhan manajemen UD. Kartini Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengadopsi beberapa tahapan awal pada model pengembangan sistem SDLC (Organization Development Life Cycle), yaitu analisis kebutuhan sistem dan berakhir pada perancangan sistem usulan yang baru. Rancangan sistem penjualan dan sistem pembelian memuat diagram konteks, data flow diagram, rancangan database sistem, serta rancangan user interface. Rancangan sistem pengendalian intern pada sistem pembelian dan sistem penjualan yang dibuat, dapat menjadi pedoman dalam pengembangan aplikasi sistem pengendalian intern pada sistem penjualan dan sistem pembelian sesuai dengan kebutuhan pengelolaan manajemen UD. Kartini Singaraja. Kata Kunci: Perancangan Sistem, Pengendalian Intern, Sistem Pembelian dan Penjualan, Sistem Development Life Bicycle Abstruse.  "UD. Kartini" Singaraja trade concern management does not have an internal control system in the ongoing sales and purchase organisation, the management of the system is withal done manually, so that business owners cannot know for certain the inventory of goods that are still available and that have been sold because of the book and so many types of goods. The company direction also does non have a expert financial reporting system considering information technology but relies on receipts from the purchase of goods from the supplier. This article presents the design of internal command systems in the purchasing and sales organisation, which is tailored to the direction needs of UD. Kartini Singaraja. The research method used is development inquiry, by adopting some initial stages in the SDLC (System Evolution Life Bicycle) system development model, which is an analysis of organization requirements and ending in the blueprint of a new proposed system. The sales organisation design and the purchasing system incorporate context diagrams, data flow diagrams, system database designs, and user interface designs. The design of the internal control system on the purchasing system and the sales system that was made, can be a guideline in developing the application of the internal control system on the sales system and the purchasing system in accord with the needs of the UD. Kartini Singaraja’s management. Keywords: System Design, Internal Command, Purchasing and Sales Systems, Arrangement Development Life Cycle

MODEL APLIKASI PEMBAGIAN HARTA WARISAN BERDASARKAN KOMPILASI HUKUM ISLAM BERBASIS WEB Saniah, Saniah

;

Natarsyah, Syahib
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. nine, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Bear witness Abstruse | Download Original | Original Source | Bank check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.557

Abstrak. Hukum kewarisan dalam Islam mendapat perhatian yang besar karena pembagian warisan sering menimbulkan akibat-akibat yang tidak menguntungkan bagi keluarga yang ditinggal mati. Warisan adalah soal apa dan bagaimana berbagai hak-hak dan kewajiban-kewajiban tentang kekayaan seseorang pada waktu ia meniggal akan beralih kepada keluarga yang masih hidup. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan hukum online, kewarisan menempati posisi nomor dua buku tahunan Yurisprudensi Mahkamah Agung (MA) hampir setiap edisi terbitan dari tahun pertahun mengutip putusan perkara waris. Sebagian umat Islam masih berpedoman kepada kitab fikih yang berasal dari madzhab yang berbeda-beda, maka dampaknya adalah tidak menutup kemungkinan timbul suatu putusan yang berbeda-beda, walaupun perkara-perkara yang diajukan kepadanya sama. Untuk mengatasi hal ini pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden No ane Tahun 1991 dengan kesepakatan ulama di Indonesia yang ditujukan kepada Menteri Agama agar pembagian harta warisan untuk umat Islam menggunakan Kompilasi Hukum Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi (sofware) berbasis web tentang pembagian harta warisan berdasarkan kompilasi hukum Islam agar masyarakat mengetahui secara luas tentang pembagian Harta Warisan berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (HKI), sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Model Aplikasi Pembagian Harta Warisan Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam mendapat respon sangat setuju dengan nilai skor rerata 23,2 poin, dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi dimana nilai Alpha Cronbach adalah 0,889 dengan katagori sangat reliabel. Dengan demikian maka aplikasi yang dibangun ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat mengetahui dan menghitung sendiri pembagian warisan dan dapat memberikan perbandingan antara hasil pembagian warisan berdasarkan hukum fikih dan menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI) Kata Kunci: Plan Aplikasi, Harta Warisan, Kompilasi Hukum Islam, Berbasis Web Abstract.  Inheritance law in Islam has received great attention considering the distribution of inheritance often results in unfavorable consequences for the families who are left backside. Inheritance is a matter of what and how diverse rights and obligations regarding a person'south wealth at the fourth dimension of death will exist transferred to the living family. Based on searches conducted by online law, inheritance occupies the second position in the annual volume of the Supreme Court Jurisprudence, almost every published edition of the year cites inheritance instance decisions. Some Muslims still adhere to fiqh books that come up from different schools of thought, and so the impact is that information technology is possible for unlike decisions to arise, even though the cases submitted to them are the aforementioned. To overcome this, the government has issued Presidential Teaching No. 1 of 1991 with an understanding by ulama in Republic of indonesia aimed at the Government minister of Faith so that the distribution of inheritance for Muslims uses the Islamic Law Compilation. The purpose of this research is to build a web-based application (software) about the distribution of inheritance based on compilation of Islamic law and then that the public will accept a broad understanding of the distribution of inheritance based on the Islamic Law Compilation (HKI), in accordance with Presidential Education Number 1 of 1991. The results of the study explained that the Inheritance Distribution Awarding Model based on the Compilation of Islamic Police force received a very agreeable response with a hateful score of 23.2 points, with loftier validity and reliability where the Cronbach Alpha value was 0.889 with very reliable categories. Thus, the application built can help and make it easier for the community to know and calculate the distribution of inheritance past themselves and tin provide a comparison between the results of the distribution of inheritance based on fiqh law and co-ordinate to the Islamic Law Compilation (KHI). Keywords: Application Programme, Inheritance, Islamic Police force Compilation, Web Base

MODEL GAME SEJARAH PERANG BANJAR MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE 4 Nizami, Taufik

;

Fahrizal, Yudha Arie
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Testify Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.545

Abstrak.  Pelajaran sejarah sering dipandang oleh generasi muda sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik, karena harus menghafalkan peristiwa-peristiwa masa lampau, nama-nama kerajaan, dan angka tahun kejadian, tidak terkecuali pelajaran Sejarah Perang Banjar. Paper ini bertujuan untuk menyajikan Model Game Sejarah Perang Banjar Menggunakan Unreal Engine 4 sebagai strategi, agar para generasi muda tertarik untuk belajar sejarah perang Banjar karena para generasi muda sekarang lebih tertarik belajar sambil bermain daripada belajar dengan membaca buku. Model Game Sejarah Perang Banjar dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4 dengan metode pengembangan Research and Development (R&D), yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil uji user menunjukkan hanya 47% responden menyatakan sangat setuju dan 43% menyatakan setuju bahwa Model Game Sejarah Perang Banjar yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 4 dapat membantu meningkatkan minat generasi muda untuk belajar sejarah perang Banjar. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Berbasis Game, Perang Banjar, Unreal Engine 4 Abstract.  History lessons are oftentimes viewed by the younger generation as dull and uninteresting subjects, because they have to memorize by events, imperial names, and year numbers, including the “Banjar” War History lesson. This newspaper aims to present the “Banjar” War History Game Model Using Unreal Engine 4 every bit a strategy, so that the younger generation is interested in learning the history of the “Banjar” war because the younger generation is more than interested in learning while playing rather than learning past reading books. The “Banjar” State of war History Game Model was adult using Unreal Engine 4 with the Research and Development (R & D) development method, namely the method used to produce products and test the effectiveness of the product. User test results show that simply 47% of respondents strongly agree and 43% agree that the “Banjar” War History Game Model developed using Unreal Engine four can aid increment the interest of the younger generation to learn the history of the “Banjar” war. Keywords: Historical Learning, Game Based, “Banjar” War, Unreal Engine iv

Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Pemeriksaan Kendaraan Bus Pada UPT. Trans Sarbagita Indrayani, Ni Kadek Putri

;

Satwika, I Putu

;

Dharma, Boil Muntina
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.550

Abstrak.  Trans SARBAGITA merupakan program Pemerintah dalam menyediakan fasilitas angkutan umum untuk masyarakat di Bali. Bus Trans SARBAGITA sebelum dan sesudah beroperasi dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi bus. Kondisi bus yang dilaporkan dari hasil pemeriksaan dicatat pada form kertas. Pencatatan pada form kertas tentu mempunyai kelemahan. Kelemahannya petugas bisa lupa membawa form untuk hasil pemeriksaan charabanc, proses dari hasil laporan pemeriksaan yang dicatat pada form kertas membuat lambatnya penanganan charabanc karena jarak puddle bus dengan kantor cukup jauh, adanya penumpukan kertas form dari hasil laporan pemeriksaan bus pada saat dilakukan perekapan hasil pemeriksaan bus. Mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatkan rancangan dan hasil implementasi dari aplikasi android yang dibuat. Pengembangan sistem mengikuti beberapa tahapan pada metode waterfall yaitu analisis sistem, desain sistem, coding, dan pengujian sistem. maintenance. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan benar dan baik sesuai dengan rancangan yang diharapkan. Kata kunci: Rancang Bangun Aplikasi, Berbasis Android, Pencatatan Hasil Pemeriksaan Abstract.  Trans SARBAGITA is a Government program in providing public send facilities for people in Bali. Trans SARBAGITA buses earlier and subsequently functioning are inspected to determine bus weather condition. Bus conditions reported from the inspection results are recorded on a paper grade. Recording on newspaper forms certainly has weaknesses. Weaknesses officers can forget to bring the class for the results of the bus inspection, the process of the results of the inspection report recorded on the paper form makes the wearisome treatment of the motorcoach because the altitude of the pool bus with the office is far enough, there is a buildup of paper forms from the results of the double-decker inspection study when recording the results of the coach inspection. Overcoming these problems and so made the design and implementation results of the android awarding created. System evolution follows several stages in the waterfall method, namely system analysis, system design, coding, and system testing. maintenance. The test results prove that the awarding tin can run correctly and properly in accordance with the expected design. Keywords: Application Evolution, Android Based, Recording of Inspection Results

Pengembangan Game Bebantenan Sebagai Konten Sistem Informasi Museum Panca Yadya Pradika, Putu Gede Yos

;

Ardyanti, Anak Agung Ayu Putri

;

Eka Putra, I Gede Juliana
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Testify Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.541

Abstrak.  Museum Panca Yadnya Kebun Raya Eka Karya Bali adalah sebuah museum yang diresmikan pada bulan Juli 2018. Museum yang berdiri sejak tahun 1974 ini dahulu bernama Museum Manusa Yadnya, setelah dilakukan rehab full dan penambahan koleksi, museum ini kemudian dinamakan Museum Yadnya. Museum ini menyimpan aneka perangkat yang digunakan dalam ritual-ritual keagamaan yang disebut panca yadnya. Saat ini kunjungan ke Museum Panca Yadya sangat minim, hal tersebut karena Museum dianggap sebagai hal yang kuno, kurang menarik dan tidak atraktif, di sisi lain bebantenan merupakan salah satu ritual-ritual agama Hindu yang harus selalu dijaga keberadaannya. Artikel ini menyajikan konsep penerapan Game sebagai media untuk memberikan informasi mengenai Museum Panca Yadya. Metode Vaughan digunakan dalam mengembangkan aplikasi game interaktif, melalui tahapan concept, design, testing, dan distribution. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan metode blackbox dan dilakukan oleh wisatawan terhadap game serta menggunakan kuesioner untuk mengetahui game ini sudah sesuai dengan tujuan game dibuat yaitu untuk menarik daya tarik wisatawan dalam mengunjungi museum serta sebagai media pembelajaran bebantenan dalam rangka pelestarian bebantenan sebagai ritual keagamaan. Kata Kunci: Pengembangan Game, Konten Sistem Informasi, Metode Vaughan Abstract. The Panca Yadnya Museum Eka Karya Bali Botanic Garden is a museum that was inaugurated in July 2018. The museum, which was established in 1974, was in one case named the Manusa Yadnya Museum, subsequently a total rehabilitation and addition of collections, the museum was later named the Yadnya Museum. The museum stores diverse devices used in religious rituals called the 5 yadnya. At present the visit to the Panca Yadya Museum is very minimal, this is because the Museum is considered to be an ancient, less attractive and unattractive matter, on the other paw bebantenan is i of the Hindu rituals that must always exist maintained. This commodity presents the concept of applying Games as a medium to provide information about the Panca Yadya Museum. The Vaughan method is used in developing interactive game applications, through the stages of concept, design, testing, and distribution. The results of testing conducted by the blackbox method and conducted by tourists on the game and using a questionnaire to discover out this game is in accordance with the purpose of the game is to concenter tourists to visit the museum and as a medium of learning learning in the framework of preservation of bebantenan as a religious ritual. Keywords: Game Evolution, Information System Content, Vaughan Method

SISTEM INFORMASI PROFIL DOSEN PADA KAMPUS STMIK BANJARBARU BERBASIS ANDROID Taufiq, Taufiq

;

Karim, Abdul
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. iii, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.559

ABSTRAK. Perkembangan di bidang teknologi informasi, khususnya sistem informasi telah membawa kemudahan yang menjanjikan sebuah efisiensi kerja. STMIK BANJARBARU adalah pergurun tinggi yang menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan sarjana komputer yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja terhadap profesional yang memiliki kemampuan manajarial dibidang Teknologi Informasi. Karena kurangnya efisiensi informasi mengenai profil dosen STMIK BANJARBARU dalam hal ini, untuk lebih memudahkan medapat informasi profil dosen tersebut, penelitian ini akan menerapkan aplikasi smartphone berbasis android untuk menanggulangi permasalahan ini, dikarenakan hampir semua mahasiswa STMIK BANJARBARU sudah mengunakan smartphone berbasis android, dengan adanya sistem informasi yang dibangun, informasi-informasi yang diperlukan akan lebih mudah didapatkan. Sistem aplikasi ini menggunakan Android Studio dan Visual Studio Code sebagai Integrated Development Surround (IDE) serta XAMPP sebagai bundle untuk spider web server (Apache) dengan database (MySQL). Informasi dosen telah dikembangkan menggunakan arsitektur mobile cloud dimana sudah ada aplikasi mobile pada user layer berbasis Android serta web service pada service layer menggunakan PHP. Hasil pengujian membantu pihak kampus STMIK BANJARBARU dalam menyampaikan informasi profil dosen, dengan adanya sistem informasi Profile Dosen berbasis Android ini, hal ini dapat dilihat pada pengujian user acceptance dimana nilai Alpha Cronbach yaitu sebesar 1,332 dan terletak diantara 0,80 hingga 100 sehingga dapat dikatakan sangat reliabel. Kata Kunci : Sistem Informasi, smartphone, Android Abstruse. Developments in the field of information engineering, specially information systems, have brought convenience that promises work efficiency. STMIK BANJARBARU is a tertiary institution that provides pedagogy to prepare calculator graduates who can meet the demands of the earth of piece of work for professionals with direction skills in the field of Information Engineering. Due to the lack of efficiency of information regarding the contour of STMIK BANJARBARU lecturers in this case, to brand it easier to obtain profile information for the lecturers, this study will implement an Android-based smartphone application to overcome this problem, because almost all STMIK BANJARBARU students are already using Android-based smartphones, with a system information that is built, the data required will be easier to obtain. This application system uses Android Studio and Visual Studio Lawmaking equally an Integrated Development Environs (IDE) and XAMPP as a bundle for a web server (Apache) with a database (MySQL). Lecturer information has been developed using a mobile cloud architecture where in that location are already mobile applications at the Android-based user layer and web services at the service layer using PHP. The examination results help the STMIK BANJARBARU campus in carrying lecturer profile information, with the existence of this Android-based Lecturer data organisation, this tin be seen in the user acceptance test where the Cronbach Alpha value is ane.332 and is located betwixt 0.fourscore to 100 and so information technology can exist said to exist very reliable. Keywords: Information Systems, Based on Android

Sistem Informasi Pengolahan Data Aset Berbasis Web Pada PT. Tirta Investama Wiguna, Adi
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. ix, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Bank check in Google Scholar | DOI: x.35889/jutisi.v9i3.546

ABSTRAK.  Pengolahan data aset di PT. Tirta Investama Babakan Pari masih menggunakan aplikasi Microsoft excel, sehingga akses untuk menggunakan data aset sangat terbatas, serta data aset yang dicatat menggunakan aplikasi ini tidak dijelaskan secara rinci. Paper ini mengembangkan sistem informasi pengolahan information aset berbasis web pada PT. Tirta Investama Babakan Pari, menggunakan metode pengembangan Organisation Evolution Life Cycle (SDLC). Perancangan sistem menggunakan Flowchat System dan Mapping Chart untuk penggambaran Analisis Sistem yang berjalan dan Analisis Sistem yang diusulkan. Perancangan database menggunakan Dara Period Diagram (DFD) dan Entity Reationship Diagram (ERD). Hasil uji menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan dapat memberikan infromasi data nugget yang rinci, melakukan pengolahan data aset yang terstruktur, membuat laporan data aset yang akurat, serta dapat mempermudah ambassador sistem mengelola data aset secara lebih efektif dan efisien. Kata kunci: Pengolahan Data Aset, System Development Life Bike, Sistem Informasi, Berbasis Spider web ABSTRACT.  Asset data processing at PT. Tirta Investama Babakan Pari still uses the Microsoft Excel application, so admission to utilize asset data is very limited, and asset information recorded using this application is not explained in detail. This paper develops a web-based asset data processing information organization at PT. Tirta Investama Babakan Pari, using the Arrangement Development Life Cycle (SDLC) development method. The organization design uses a Flowchat Organisation and Mapping Chart for depicting the running System Analysis and the proposed System Assay. Database design uses Dara Flow Diagrams (DFD) and Entity Human relationship Diagrams (ERD). The exam results evidence that the organization beingness developed can provide detailed asset data information, perform structured asset data processing, create accurate asset data reports, and tin make information technology easier for system administrators to manage nugget data more effectively and efficiently. Keywords: Asset Data Processing, System Development Life Cycle, Information Systems, Web Based

Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Artikel Ilmiah Berbasis Web Menggunakan Metode Farthermost Programming Bahar, Bahar
Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Vol. 9, No. 3, Desember 2020

Publisher :

STMIK Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35889/jutisi.v9i3.537

ABSTRAK.  Perguruan Tinggi yang masih mengelola proses membuatan artikel ilmiah seara manual di lingkungan internal institusi, terbebani oleh aktivitas rutin yang dikerjakan secara berulang, padahal idealnya ditangani oleh sistem teknologi. Permasalahan lain adalah pengelolaan berkas fisik dan atau file naskah publikasi yang masih dilakukan secara transmission atau konvensional menyebabkan sering tercecernya beberapa berkas, tidak efisiennya proses temu kembali berkas saat diperlukan, serta tidakefisiennya proses penyajian informasi statistik pada kurun waktu tertentu terkait pengelolaan artikel ilmiah. Paper ini mengusulkan model Sistem Informasi Manajemen untuk mengelola proses pembuatan Artikel Ilmiah di Lingkungan Internal Institusi pra publikasi. Pengembangan Model Sistem Aplikasi menggunakan metode Active Development berbasis Extreme Programming (XP) yang berfokus pada menyederhanakan model SDLC (System Development Life Bicycle) sehingga proses pengembangan lebih cepat direalisasikan. Proyek XP dimulai dengan mendapatkan gambarkan dari pengguna sistem melalui teknik elisitasi Wawancara Tidak Terstruktur dan Focus Discussion Group (FGD), mengenai apa yang perlu dilakukan sistem. Selanjutnya, kami membuat kode program dalam modul kecil dan sederhana, mengujinya dengan cara mengkonfirmasi langsung kepada pengguna apakah telah memenuhi kebutuhan mereka. Siklus tersebut berlangsung hingga diperoleh sebuah sistem yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara cepat dengan proses yang lebih sederhana. Hasil uji fungsionalitas sistem yang melibatkan perwakilan masing-masing pengguna, menunjukkan fungsi-fungsi yang diharapkan pada fase analisis kebutuhan telah dipenuhi oleh model sistem berbasis Web yang dikembangkan. Kata Kunci: Manajemen Pembuatan Artikel Ilmiah, Sistem Informasi, Berbasis Web Abstract.  Higher instruction institutions that yet manage the process of writing scientific manufactures manually inside the institution's internal surround are burdened by routine activities that are carried out repeatedly, even though ideally handled by a technological system. Another trouble is the management of physical files and / or publication manuscripts files that are still done manually or conventionally, causing frequent handful of several files, inefficient file retrieval processes when needed, and inefficient procedure of presenting statistical information at certain times related to the management of scientific articles. This paper proposes a Direction Information System model to manage the procedure of making Scientific Articles in the Internal Surround of pre-publication institutions. The Development of the Application System Model uses the Agile Development method based on Farthermost Programming (XP) which focuses on simplifying the SDLC (Arrangement Development Life Wheel) model so that the development process can be realized more than chop-chop. The XP project begins by getting a picture from the system user through the elicitation technique of Unstructured Interviews and Focus Grouping Discussions (FGD), most what the system needs to practice. Adjacent, we code the program in small, simple modules, testing it past confirming directly to the user that it meets their needs. The cycle lasts until a system is found that can come across user needs apace with a simpler process. The results of the system functionality test involving representatives of each user indicate that the functions expected in the requirements assay phase have been fulfilled by the developed Web-based organisation model. Keywords: Management of Scientific Article Development, Information Systems, Spider web Based

Page 1 of three | Total Record : 22


Filter By Issues

All Issue Vol 10, No 3: Desember 2021 Vol 10, No ii: Agustus 2021 Jutisi Vol. 10, No. 1, Apr 2021 JUTISI Vol. 9, No. iii, Desember 2020 JUTISI Vol. 9, No. 2, Agustus 2020 JUTISI Vol. 9, No. 1, April 2020 JUTISI Vol. 8, No. three, Desember 2019 JUTISI Vol. 8, No. 2, Agustus 2019 JUTISI Vol. eight, No. ane, April 2019 Vol seven, No 3: Desember 2018 Vol 7, No two: Agustus 2018 Vol 7, No one: April 2018 Vol 6, No iii: Desember 2017 Vol half dozen, No 2: Agustus 2017 Vol six, No i: April 2017 Vol 5, No 3: Desember 2016 Vol 5, No two: Agustus 2016 Vol five, No i: April 2016 Vol iv, No 3: Desember 2015 Vol 4, No 2: Agustus 2015 Vol 4, No ane: April 2015 Vol three, No three: Desember 2014 Vol iii, No 2: Agustus 2014 Vol 3, No 1: April 2014 Vol ii, No 1: Apr 2013 More Issue